Jumat, 06 April 2012

ULAR LAUT YANG MEMATIKAN


Ular laut

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan :  Animalia
Filum      :  Chordata
Upafilum:  Vertebrata
Kelas      :  Reptilia
Ordo       :  Squamata
Upaordo :  Serpentes                                                  Famili     :  Elapidae
Boie        : 1827


Ular laut terdiri dari banyak spesies(salah satu di antaranya Erabu) dan kesemuanya merupakan ular yang mempunyai racun yang sangat kuat.
Ada sebuah teori yang menyatakan bahwa asal mula ular laut di dunia berasal dari pulau Borneo (Kalimantan) Indonesia. Ular laut tersebut pada mulanya adalah ular Welang biasa yang hidup di pantai Pulau Borneo dan kemudian mulai masuk ke laut lepas untuk mencari ikan dan berevolusi dengan lingkungannya hingga menjadi ular laut yang anda ketahui sekarang ini.

Mematikan
Bisa ular laut sangat kuat karena mempunyai kekuatan 30 kali bisa ular Cobra (bahkan ada ular laut yang kekuatan bisanya mencapai 700 kali ular Cobra) dan mengandung bisa yang lengkap seperti layaknya jenis-spesiesular elapidae. Meskipun mempunyai racun sangat kuat, ular laut jarang menggigit manusia dikarenakan mulutnya yang sangat kecil dibandingkan dengan spesiesular lainnya. Biasanya manusia akan tergigit ular laut di daerah ujung jari. Ular ini tidak dapat menggigit manusia di lengan, kaki, atau bagian tubuh lainnya karena mulutnya yang kecil tersebut. Meskipun begitu, ular laut tetap merupakan ancaman bagi para nelayan dan penyelam karena racunnya yang sangat kuat. Pada beberapa kasus gigitan ular laut pada seorang penyelam, penyelam yang berusaha memegang dan tergigit oleh ular laut dapat mengalami kegagalan fungsi jantung dan meninggal sebelum sempat mencapai permukaan air. Walaupun sebenarnya anda tidak perlu takut berlebihan terhadap ular laut, akan tetapi anda perlu tetap waspada pada saat memancing, menyelam, atau berada di pantai.

 
Hitungan Kematian
semua spesiesular laut mempunyai racun dan bisa  yang kuat dan dapat menyerang syaraf manusia dengan cepat. jenis racun yang dimiliki adalah jenis neurotoxcin atau racun yang menyerang syaraf. Gigitan ular laut hanya memerlukan waktu sekitar 1 - 2 menit saja untuk membunuh manusia. Indonesia tercatat sebanyak 55 spesies ular laut berbagai spesies dan warna dengan sebaran merata di seluruh perairan (laut - samudra). Kebanyakan dari ular laut tinggal di samudra yang dalam. Sebagian kecil spesiesnya dekat dengan pantai dan gemar sembunyi didalam karang.